Triandharta, Reza (2019) Analisis Strategi Pemasaran Produk KPR IB Dengan Akad Musyarakah Muttanaqishah (MMQ): Studi Pada PT Bank FRWRD Tbk. S2 thesis, STIE Indonesia Banking School.
Text (Abstrak)
Abstrak-Reza Triandharta, MM-IBS, 2018.pdf Download (624kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1-Reza Triandharta, MM-IBS, 2018.pdf Download (1MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Dapus-Reza Triandharta, MM-IBS, 2018.pdf Download (1MB) |
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul-Reza Triandharta, MM-IBS, 2018.pdf Download (563kB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia tak terlepas dari populasi 80 persen masyarakat muslim Indonesia. Perkembangan bisnis KPR di Indonesia mengalami masa naik turun. Terkhusus bagi KPR berbasis syariah atau yang lazim disebut dengan KPR iB dituntut untuk dapat memanfaatkan pasar yang luas di Indonesia. Namun sejalan dengan perkembangannya, kondisi tersebut turut memicu tinginya tingkat persaingan diantara sesama lembaga keuangan dibidang sejenis. Hal ini membuat pihak perbankan dituntut untuk terus berinovasi mengembangkan produk KPR iB yang mudah diterima oleh banyak pihak dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Ditambah lagi dengan pengaruh faktor eksternalitas tak terkendali dari luar Indonesia, memacu PT Bank FRWRD Tbk untuk terus menerus melakukan evaluasi strategi dan terobosan agar mampu bertahan serta terus melakukan pengembangan, merumuskan bentuk strategi baru agar dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan unggul sebagai pemenang. Penelitian ini dimulai dengan melakukan analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Dalam menganalisis digunakan metode analisis SWOT untuk membobot derajat kepentingan setiap aktor dan faktor. Dari uji matriks IE, diperoleh posisi bersaing PT Bank FRWRD Tbk pada kuaran atau sel IV IE matriks, dengan strategi pertumbuhan konsentrasi melalui integrasi horizontal. Dengan melihat posisi: (1) bersaing (2) kekuatan (3) kelemahan (4) peluang dan (5) ancaman. Dalam hal ini PT Bank FRWRD Tbk sebaiknya menggunakan strategi : (1) penetrasi pasar (2) pengembangan pasar dan juga (3) strategi integrasi horizontal selain menciptakan inovasi-inovasi kreatif juga harus dilakukan. Kata kunci: KPR iB, Akad MMQ, Analisis SWOT, Matriks IE, Stratgei Empat langkah
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Prodi S2 Magister Manajemen Prodi S2 Magister Manajemen |
Depositing User: | Ms Dyta Medina |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 09:02 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 09:02 |
URI: | http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/6250 |
Actions (login required)
View Item |