Artanti, Vania Fredline (2024) Pengaruh Motivasi dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar Saat Pembelajaran New Normal (Studi Pada Mahasiswa aktif angkatan 2020-2022 yang mengalami pembelajaran Pada Masa New Normal). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.
Text (Abstrak)
Abstrak-Skripsi-VANIA FREDLINE ARTANTI.pdf Download (678kB) |
||
|
Text (BAB 1)
BAB 1-Skripsi-VANIA FREDLINE ARTANTI.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text (Halaman Judul)
Cover-Skripsi-VANIA FREDLINE ARTANTI.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-Skripsi-VANIA FREDLINE ARTANTI.pdf Download (855kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh dari variabel motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, perilaku belajar dan prestasi belajar dengan menggunakan pendekatan model Structural Equation Modeling (SEM) berbasis software SmartPLS untuk menguji hipotesis. Variabel independen pada penelitian ini ialah motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, untuk variabel interveningnya adalah perilaku belajar dan variabel dependennya ialah prestasi belajar. Data dikumpulkan dari sampel mahasiswa di beberapa perguruan tinggi melalui kuesioner atau googleform. Sampel pada penelitian ini ialah mahasiswa aktif angkatan 2020-2022 yang mengalami pembelajaran pada masa new normal dengan jumlah 95 mahasiswa sebagai responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Motivasi ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Motivasi intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar. Motivasi ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar. Perilaku belajar berpengaruh positif da signifikan terhadap prestasi belajar. Motivasi intrinsik tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar melalui perilaku belajar. Motivasi ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi, perilaku belajar dan prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Intrinsik,Motivasi Ekstrinsik, Perilaku Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Prodi S1 Manajemen |
Depositing User: | Ms Dyta Medina |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:52 |
URI: | http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/8849 |
Actions (login required)
View Item |