Pengaruh Persepsi, Lingkungan Sosial, Dan Pengetahuan Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah

I’I Ariana, Nurul (2023) Pengaruh Persepsi, Lingkungan Sosial, Dan Pengetahuan Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img] Text (COVER)
Cover-Nurul I'I Ariana - 201813110121.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak-Nurul I'I Ariana - 201813110121.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1-Nurul I'I Ariana - 201813110121.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus-Nurul I'I Ariana - 201813110121.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=10...

Abstract

Perbankan syariah merupakan lembaga intermediasi yang menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat berdasarkan etika dan prinsip-prinsip Islam sehingga bebas dari unsur riba, hal ini tentunya akan sangat diminati bagi konsumen yang sangat menghindari konsep bank konvensional khususnya para santri di berbagai pondok pesantren. Selain itu saat ini persepsi mengenai bank Syariah, lingkungan sosial di masyarakat dan pengetahuan perbankan Syariah akan sangat menentukan apakah minat menabung para santri yang ada pada pondok pesantren tersebut. Tujuan dari penelitian ini menguji pengaruh persepsi, lingkungan sosial, dan pengetahuan perbankan syariah terhadap minat menabung di Bank Syariah. Jumlah sampel dalam penelitian ini sejumlah 86 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan online survey atau kuesioner dan metode analisis data menggunakan uji regresi berganda yang akan diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai diketahui nilai Rsquare pada Koefisien Determinasi sebesar 0,592. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel persepsi, lingkungan sosial, dan pengetahuan perbankan terhadap variabel minat menabung di Bank Syariah adalah sebesar 59,2% sedangkan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: persepsi, lingkungan sosial, pengetahuan perbankan syariah, minat menabung

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prodi S1 Manajemen, Keuangan, dan Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:22
Last Modified: 06 Jan 2023 02:22
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/5492

Actions (login required)

View Item View Item