Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Mengunjungi Destinasi Pariwisata Halal Indonesia Oleh Generasi Z

Ramdani, Muhammad Hanif (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Mengunjungi Destinasi Pariwisata Halal Indonesia Oleh Generasi Z. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img] Text (COVER)
Cover-MUHAMMAD HANIF RAMDANI - 20181311032.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak-MUHAMMAD HANIF RAMDANI - 20181311032.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1-MUHAMMAD HANIF RAMDANI - 20181311032.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus-MUHAMMAD HANIF RAMDANI - 20181311032.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=10...

Abstract

Industri halal salah satu sektor yang selalu berkembang setiap tahunnya tidak terkecuali sektor pariwisata halal karena memiliki tren peningkatan penggunaan produk halal di berbagai negara. Beberapa negara termasuk Indonesia telah mengupayakan pertumbuhan pariwisata halal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor yang mempengaruhi niat mengunjungi destinasi pariwisata halal Indonesia oleh Generasi Z dengan menggunakan The Theory of Planned Behavior (TPB) dan Religiusitas. Populasi penelitian ini adalah Generasi Z (1998-2009) yang berusia 17 – 24 tahun. Sampel yang digunakan sebanyak 146 responden ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner online (Gform) yang disebar dan diisi oleh responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda, Uji T, dan Uji F dengan level signifikansi 5% serta diolah menggunakan SPSS 26. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Sikap, Norma Subjektif, dan Religiusitas berpengaruh positif terhadap Niat Mengunjungi. Namun, Kontrol Perilaku tidak berpengaruh terhadap Niat Mengunjungi. Secara simultan Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, dan Religiusitas berpengaruh positif terhadap Niat Mengunjungi Destinasi Pariwisata Halal Indonesia oleh Generasi Z. Hasil penelitian ini memberikan implikasi kepada pengelola pariwisata dalam hal ini pemerintah pusat untuk melahirkan jaminan produk hukum syariah dan perundang-undangan guna menunjang pelaksanaan pariwisata halal. Dari sisi pemerintah daerah harus memastikan implementasi dari produk hukum yang ada serta bekerja sama dengan pelaku usaha dan masyarakat setempat agar memperhatikan ketesediaan sarana-prasarana penunjang pariwisata halal. Kemudian, dari sisi pelaku usaha dan masayarakat setempat pada daerah yang ditetapkan sebagai destinasi pariwisata halal harus memastikan tersedianya sarana-prasarana dan sumber daya manusia yang terstandarisasi. Kata Kunci: Industri Halal, Destinasi Pariwisata Halal, The Theory of Planned Behavior (TPB), Generasi Z

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prodi S1 Manajemen, Keuangan, dan Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:20
Last Modified: 06 Jan 2023 02:20
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/5488

Actions (login required)

View Item View Item