PERAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION, CUSTOMER TRUST, DAN CUSTOMER LOYALTY PADA NASABAH KREDIT BANK (STUDI PADA NASABAH KREDIT BANK MANDIRI TANGERANG CIPADU)

Aswell, Iyan and Rimadias, Santi (2021) PERAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION, CUSTOMER TRUST, DAN CUSTOMER LOYALTY PADA NASABAH KREDIT BANK (STUDI PADA NASABAH KREDIT BANK MANDIRI TANGERANG CIPADU). Prosiding Sustainable Finance In The Digital Age 2021.

[img]
Preview
Text
NCBF 2021_Iyan_Santi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam persaingan industri perbankan yang semakin ketat, relationship marketing berperan untuk meningkatkan dan mempertahankan untuk keberlanjutan lini bisnis sebuah bank. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh relationship marketing terhadap customer satisfaction, customer trust, dan customer loyalty pada segmen nasabah kredit bank. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 160 responden yang sudah menjadi nasabah kredit bank. Analisis statistik menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan olah data aplikasi SPSS 26 dan AMOS 24. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: relationship marketing memiliki pengaruh positif terhadap customer satisfaction, relationship marketing memiliki pengaruh positif terhadap customer trust, customer trust memiliki pengaruh positif terhadap customer loyalty. Sementara itu relationship marketing dan customer satisfaction tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Hasil penelitian ini memperluas hasil penelitian sebelumnya tentang pengaruh relationship marketing terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction dan customer trust sebagai variabel intervening. Temuan penelitian ini mendorong bank sebagai pemberi kredit harus meningkatkan strategi relationship marketing untuk mempertahankan nasabahnya dengan cara meningkatkan seluruh layanan baik dari sisi teknologi, komunikasi, aksesibilitas, suku bunga, dan berbagai strategi lainnya untuk mencapai kepercayaan, kepuasan, dan loyalitas terhadap produk bank. Kata Kunci: Relationship Marketing; Customer Satisfaction; Customer Trust; Loyalty; Kredit Bank

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Mrs. Santi Rimadias
Date Deposited: 03 Oct 2022 00:22
Last Modified: 03 Oct 2022 00:22
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/5336

Actions (login required)

View Item View Item