Faktor Penentu Perceived Electronic Word-Of-Mouth Credibility Dan Dampaknya Terhadap Electronic Word-Of-Mouth Adoption : Penelitian Pada Review Bahasan Ponsel Di E-Commerce Bukalapak.

Kornelys, Desta Atasyah (2018) Faktor Penentu Perceived Electronic Word-Of-Mouth Credibility Dan Dampaknya Terhadap Electronic Word-Of-Mouth Adoption : Penelitian Pada Review Bahasan Ponsel Di E-Commerce Bukalapak. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img] Text (Naskah Lengkap)
Desta Atasyah Kornelys, Ma.-IBS, 2017.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Naskah Ringkas)
Desta Atasyah Kornelys, Ma.-IBS, 2017 (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=38...

Abstract

Dalam lingkungan online, konsumen tidak pernah menyentuh produk akan bergantung pada electronic-word-of-mouth(eWOM) untuk membantu mereka dalam membuat keputusan pembelian. EWOM merupakan salah satu saluran komunikasi yang paling berpengaruh di pasar. Sehinga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya kredibilitaseWOMyang dirasakan dalam prosespengadopsian pengambilan keputusan konsumen secara online. Dalam penelitian ini, kami memverifikasi bahwa perceived eWOM credibilityyang dirasakan konsumen secara positif dapat mempengaruhi eWOM adoptionmelalui faktor source credibility, eWOM quality, eWOM quantity, consumer involvement, consumer expertise, recommendation ratting, recommendation consistency Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel,responden yang pernah membaca review di Bukalapak. Data yang dihimpun sebanyak 188 Responden dengan menggunakan analisis metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut:1) Source Credibilityterbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadapPerceived EWOM Credibility,2) EWOM Qualityterbukti berpegaruh positif dan signifian terhadap Perceived EWOM Credibility, 3) EWOM Quantity tidak terbukti berpengaruh positifdan tidak signifikanterhadap Perceived EWOM Credibility, 4) Consumer Involvementterbukti berpengengaruh positif dan signfikan terhadap Perceived EWOM Credibility, 5) Consumer Expertisetidak terbukti berpengaruh negatif terhadap Perceived EWOM Credibility, 6) RecommendationRattingterbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived EWOM Credibility, 7) Recommendation Consistency terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived EWOM Credibility, 8) Perceived EWOM Credibilityterbukti berpengaruh positifdan signifikanterhadap EWOM Adoption. Kata Kunci: Perceived eWOM credibility, eWOM adoption, Duall Process Theory, Elaboration Likelihood Model

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 29 Apr 2020 13:25
Last Modified: 17 Jul 2024 01:12
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item