Rofianto, Whony and Pratama, Anugrah Raihan and Felecia, Annisa (2021) Video Youtube Online Review Sebagai Pendorong Purchase dan Ewom Intention. In: SNAP 2021.
|
Text
R2 Fullpaper SNAP scan.pdf Download (455kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan ekspansi atas penelitian terdahulu pada bahasan dampak electronic word of mouth (eWOM) terhadap niat membeli konsumen secara online dengan penambahan konstruk trust, affection, virtual interactivity dan eWOM intention. Penelitian ini menguji dampak sejumlah aspek informasi eWOM dan virtual interactivity terhadap online purchase intention dan eWOM intention. Video online review Youtube dipilih sebagai konteks penelitian sebagai salah satu contoh bentuk eWOM visual yang masih jarang diteliti. Sebanyak 84 data empiris dihimpun dari sampel responden pemirsa kanal Youtube GadgetIn melalui kuesioner daring. Analisis data dilakukan dengan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS. Hasil estimasi model struktural mengindikasikan bahwa information credibility terbukti berpengaruh positif terhadap online purchase intention, sementara tiga aspek informasi lainnya pada visual eWOM tidak terbukti pengaruhnya pada konteks penelitian ini. Sementara itu, virtual interactivity terbukti memiliki dampak positif berantai terhadap affection, trust hingga mendorong online purchase intention. Affection juga terbukti memiliki peran dalam meningkatkan eWOM intention pada konteks penelitian ini.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Prodi S1 Manajemen |
Depositing User: | Dr. Whony Rofianto |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 23:01 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 23:01 |
URI: | http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/3372 |
Actions (login required)
View Item |