Paramitha, Dyah Ayu (2012) Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Profesi Akuntansi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Karier Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Indonesia Banking School). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.
Text (Naskah Lengkap)
Dyah Ayu Paramitha, Ak.-Ibs.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap profesi akuntan, hal–hal yang mempengaruhi persepsi tersebut, dan pengaruh persepsi tersebut terhadap pilihan karir mahasiswa di masa depan. Dalam penelitian ini, persepsi diukur bersama faktor–faktor lain, seperti lingkungan kerja, pasar kerja, pengakuan profesionalisme, latar belakang pendidikan, dan kompetisi kerja. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School jurusan akuntansi. Sampel yang digunakan sebanyak 79 mahasiswa. Analisis penelitian dilakukan dengan metode analisis faktor dan uji Kruskal-Wallis menggunakan SPSS 19 for Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pilihan karir oleh mahasiswa yang disebabkan oleh persepsi mahasiswa terhadap profesi akuntansi, namun faktor–faktor lain seperti lingkungan kerja, kelebihan profesi akuntansi, insentif, dan latar belakang pendidikan mempengaruhi pilihan karir mahasiswa. Kecenderungan mahasiswa untuk memilih profesi akuntansi sebagai pilihan karir setelah lulus cukup banyak, namun tidak sedikit pula yang memilih untuk beradadi posisi netral sehingga memiliki pilihan karir yang lebih banyak. Kata Kunci : persepsi, lingkungan kerja, kelebihan profesi akuntansi, insentif,latar belakang pendidikan, pilihan karir.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Prodi S1 Akuntansi |
Depositing User: | Ms Dyta Medina |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 06:40 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:39 |
URI: | http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/1230 |
Actions (login required)
View Item |