Angin, Pettia Weharima Perangin (2025) Analisis Keterkaitan Emosional Dan Informasi Pada Influencer Untuk Mendorong WOM Serta Niat Pembelian Produk Short Course. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK--PETTIA WEHARIMA PERANGIN ANGIN.pdf Download (753kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1-PETTIA WEHARIMA PERANGIN ANGIN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL-PETTIA WEHARIMA PERANGIN ANGIN.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-PETTIA WEHARIMA PERANGIN ANGIN.pdf Download (863kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menganalisis keterkaitan emosional dan nilai informasi yang dirasakan pada influencer terhadap penyebaran Word of Mouth (WOM) positif serta niat pembelian produk short course. Objek penelitian adalah pengikut media sosial Ferry Irwandi, seorang influencer yang fokus pada isu pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan PLS SEM, data diperoleh melalui survei online yang melibatkan 338 responden. Model penelitian mengacu pada kerangka teoritis Theory of Reasoned Action (TRA) dengan variabel independen meliputi emotional attachment dan perceived information value, variabel moderasi yaitu perceived influence, serta variabel dependen mencakup WOM positif dan niat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional attachmentmemiliki pengaruh signifikan terhadap perceived influence, sementara perceived information value juga berkontribusi dalam membangun pengaruh tersebut. Dengan mayoritas responden adalah pelajar atau mahasiswa dengan umur 18-24 tahun, Perceived influence memediasi pengaruh variabel emotional attachment terhadap positive WOM lebih kuat dibandingkan dengan perceived information value, hal ini sejalan dengan penelitian terdahulu bahwa anak muda lebih tergerak untuk menyebarkan WOM yang dipengaruhi oleh pengaruh emosional dari influencer yang merekomendasikan produk tersebut. Selain itu, positive WOM ditemukan sebagai prediktor kuat dalam meningkatkan niat pembelian produk yang direkomendasikan oleh influencer. Studi ini memberikan implikasi manajerial penting bagi pemasar dalam memanfaatkan influencer yang memiliki nilai informasi tinggi dan mampu menciptakan keterikatan emosional untuk memengaruhi keputusan konsumen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterkaitan Emosional, Nilai Informasi, Niat Membeli, Pemengaruh, Word of Mouth |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Prodi S1 Manajemen |
Depositing User: | Ms Dyta Medina |
Date Deposited: | 20 May 2025 09:11 |
Last Modified: | 20 May 2025 09:11 |
URI: | http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/9042 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |