Implementasi Strategi Market Development Produk Pembiayaan Alat Pertanian Studi Kasus Pada PT. ABC

Bachtiar, Andris Fajar (2024) Implementasi Strategi Market Development Produk Pembiayaan Alat Pertanian Studi Kasus Pada PT. ABC. S2 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak-Tesis-Andris Fajar Bachtiar.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1-Tesis-Andris Fajar Bachtiar.pdf

Download (882kB)
[img] Text (Halaman Judul)
Cover-Tesis-Andris Fajar Bachtiar.pdf

Download (806kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-Tesis-Andris Fajar Bachtiar.pdf

Download (922kB) | Preview
Official URL: https://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1...

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pengembangan pemasaran pada produk pembiayaan alat pertanian pada PT. ABC. Pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh secara langsung dari PT. ABC. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada manajemen perusahaan PT. ABC. Data sekunder dalam penelitian ini adalah seluruh data penjualan penyaluran kredit dari PT. ABC dalam kurun waktu sebelum dan sesudah penerapan strategi marketing development untuk pembiayaan alat pertanian. Sampel dalam penelitian ini adalah data penjualan penyaluran kredit alat pertanian dari tahun 2018 - 2019 yang digabungkan dengan data penjualan alat mesin pertanian dari merek X. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif induktif yaitu analisis yang didasarkan kepada data yang diperoleh. Teknik analisis menggunakan metode kealitatif yang melibatkan tiga fase kegiatan secara bersama-sama yaitu fase reduksi data, fase penyajian data, dan fase penyimpulan data. Hasil analisis data berdasarkan wawancara dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi pengembangan pemasaran pada produk pembiayaan alat pertanian pada PT. ABC dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan penjualan produk dari pembiayaan alat mesin pertanian. Strategi pengembangan pemasaran produk pembiayaan yang telah diimplementasikan yaitu Point of Sales (POS) di dekat area penjualan, merekrut karyawan lokal yang memahami kondisi dan kebutuhan petani, menawarkan produk pembiayaan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan petani, dan melakukan kegiatan promosi dan edukasi kepada petani.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi strategi, Strategi marketing, Produk pembiayaan alat pertanian.
Subjects: Prodi S2 Magister Manajemen
STIE Indonesia Banking School > Prodi S2 Magister Manajemen
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Prodi S2 Magister Manajemen
Prodi S2 Magister Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 18 Feb 2025 08:37
Last Modified: 18 Feb 2025 08:37
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/8903

Actions (login required)

View Item View Item