Pengaruh Customer Satisfaction, E-Word Of Mouth, Dan Initial Trust Terhadap Minat Adopsi Mobile Banking Livin Versi 1.1.2

Utami, Dina Tri (2023) Pengaruh Customer Satisfaction, E-Word Of Mouth, Dan Initial Trust Terhadap Minat Adopsi Mobile Banking Livin Versi 1.1.2. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAKI-DINA TRI UTAMI-20191152012.pdf

Download (730kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1-DINA TRI UTAMI-20191152012.pdf

Download (831kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-DINA TRI UTAMI-20191152012.pdf

Download (870kB)
[img] Text (Halaman Judul)
COVER-DINA TRI UTAMI-20191152012.pdf

Download (726kB)
Official URL: https://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1...

Abstract

Mobile Banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses nasabah melalui ponsel atau smartphone. Customer Satisfaction dan Electronic word of mouth (eWOM) memainkan peran penting dalam mempengaruhi nasabah untuk menggunakan Mobile Banking. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki perilaku adopsi Mobile Banking melalui pemicu eWOM positif menggunakan model kemungkinan elaborasi (ELM). Argumen Kualitas, valensi, konsistensi dan volume dianggap sebagai pemicu eWOM, dan model konseptual juga memasukkan Customer Satisfcation dan Initial Trust pada adopsi Mobile Banking. Penelitian ini menggunakan pendekatan desain penelitian deskriptif dengan data empiris yang dihimpun dari 100 sampel responden nasabah PT Bank Mandiri KCP Jakarta Hutama Karya, dikumpulkan melalui survei online. Data empiris kemudian diolah menggunakan metode analisis Partial Least Square dengan software smartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif Argument Quality, Customer Satisfaction terhadap Initial Trust. Sementara itu Initial Trust memiliki pengaruh positif terhadap Mobile Banking Adoption Intention. Penelitian ini juga terdapat hipotesis yang tidak terbukti memiliki pengaruh positif terhadap Initial Trust, yaitu Consistency dan Volume Review. Secara praktis, penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi kepada bank tentang bagaimana menggunakan eWOM positif untuk memotivasi nasabaj untuk mengadopsi Mobile Banking. Penelitian ini telah berhasil membuktikan pentingnya Customer Satisfaction dalam meningkatkan Initial Trust yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi mobile bankig. Hasil temuan ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi Bank penyedia layanan Mobile Banking dalam menerapkan peningkatan kepuasan pelanggan Kata kunci : Argument Quality, Valence, Consistency, Volume Review, Customer Satisfacion, Initial Trust, Mobile Banking Adoption Intention

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 19 Jan 2024 10:04
Last Modified: 19 Jan 2024 10:04
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/7402

Actions (login required)

View Item View Item