Trissandy, Bemby (2024) Pengaruh Social Interaction, Consumer Engagement, Perceived Economic Benefit, Brand Awareness, Culture dan Consumer Empowerment terhadap Purchase Intention yang di Mediasi Oleh Trust. S2 thesis, STIE Indonesia Banking School.
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak-Tesis-Bemby Trissandy.pdf Download (745kB) |
|
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1-Tesis-Bemby Trissandy.pdf Download (871kB) |
|
|
Text (Halaman Judul)
Cover-Tesis-Bemby Trissandy.pdf Download (750kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-Tesis-Bemby Trissandy.pdf Download (932kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social interaction, consumer engagement, perceived economic benefit, brand awareness, culture, dan consumer empowerment terhadap purchase intention yang dimediasi oleh trust dalam konteks social commerce. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang menggunakan platform social commerce seperti TikTok Shop dan Instagram Shopping, dengan responden yang telah melakukan transaksi dalam tiga bulan terakhir. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden, dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa consumer engagement, perceived economic benefit, brand awareness, dan culture memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention, baik secara langsung maupun melalui trust sebagai mediator. Namun, social interaction tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase intention, meskipun mampu meningkatkan trust. Selain itu, consumer empowerment hanya mempengaruhi purchase intention melalui trust, menunjukkan adanya mediasi penuh. Penelitian ini menegaskan bahwa trust adalah faktor kunci dalam meningkatkan purchase intention dalam social commerce. Oleh karena itu, perusahaan harus fokus pada strategi yang membangun dan memperkuat trust konsumen untuk meningkatkan hasil bisnis mereka.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | social interaction, consumer engagement, perceived economic benefit, brand awareness, culture, consumer empowerment, purchase intention, trust, social commerce |
Subjects: | Prodi S2 Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School > Prodi S2 Magister Manajemen |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > Prodi S2 Magister Manajemen Prodi S2 Magister Manajemen |
Depositing User: | Ms Dyta Medina |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 08:36 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 08:36 |
URI: | http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/8911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |