Pengaruh Social Interaction, Consumer Engagement, Perceived Economic Benefit, Brand Awareness, Culture dan Consumer Empowerment terhadap Purchase Intention yang di Mediasi Oleh Trust

Trissandy, Bemby (2024) Pengaruh Social Interaction, Consumer Engagement, Perceived Economic Benefit, Brand Awareness, Culture dan Consumer Empowerment terhadap Purchase Intention yang di Mediasi Oleh Trust. S2 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Tesis-Bemby Trissandy.pdf

Download (745kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1-Tesis-Bemby Trissandy.pdf

Download (871kB)
[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
Cover-Tesis-Bemby Trissandy.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-Tesis-Bemby Trissandy.pdf

Download (932kB)
Official URL: https://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social interaction, consumer engagement, perceived economic benefit, brand awareness, culture, dan consumer empowerment terhadap purchase intention yang dimediasi oleh trust dalam konteks social commerce. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang menggunakan platform social commerce seperti TikTok Shop dan Instagram Shopping, dengan responden yang telah melakukan transaksi dalam tiga bulan terakhir. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden, dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa consumer engagement, perceived economic benefit, brand awareness, dan culture memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention, baik secara langsung maupun melalui trust sebagai mediator. Namun, social interaction tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase intention, meskipun mampu meningkatkan trust. Selain itu, consumer empowerment hanya mempengaruhi purchase intention melalui trust, menunjukkan adanya mediasi penuh. Penelitian ini menegaskan bahwa trust adalah faktor kunci dalam meningkatkan purchase intention dalam social commerce. Oleh karena itu, perusahaan harus fokus pada strategi yang membangun dan memperkuat trust konsumen untuk meningkatkan hasil bisnis mereka.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: social interaction, consumer engagement, perceived economic benefit, brand awareness, culture, consumer empowerment, purchase intention, trust, social commerce
Subjects: Prodi S2 Magister Manajemen
STIE Indonesia Banking School > Prodi S2 Magister Manajemen
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Prodi S2 Magister Manajemen
Prodi S2 Magister Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 18 Feb 2025 08:36
Last Modified: 18 Feb 2025 08:36
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/8911

Actions (login required)

View Item View Item