Pengaruh Analisis Rasio Keuangan Terhadap Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 -2012)

Sangadji, Insania Pramadani Umisalam (2015) Pengaruh Analisis Rasio Keuangan Terhadap Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 -2012). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img] Text (Naskah Lengkap)
Insania Pramadani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=24...

Abstract

Financial distress adalah kondisi dimana perusahaan mengalami penurunan dalam performa perusahaan yang berujung pada kebangkrutan. Rasio keuangan merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan financial distress pada sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh rasio keuangan diantaranya rasio likuiditas, financial leverage, profitabilitas serta pertumbuhan penjualan terhadap kondisi financial distress. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2009-2012. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil dari pengolahan data yang dilakukan menunjukkan bahwa rasio likuiditas, financial leverage, profitabilitas serta pertumbuhan penjualan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kondisi financial distress perusahaan. Namun, secara parsial hanya rasio profitabilitas dan pertumbuhan penjualan yang berpengaruh secara signifikan terhadap financial distress Kata Kunci: Financial distress, rasio financial leverage, rasio likuiditas, rasio pertumbuhan penjualan, dan rasio profitabilitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:28
Last Modified: 25 Sep 2020 03:28
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item