Pola Konsumeritas Yang Dipengaruhi Brand Engagement In Self-Concept Dalam Tren Slow Fashion (Consumerism Patterns Influenced By Brand Engagement In Self-Concept In Slow Fashion Trends)

Irawan, Nabbila P. Shabrina (2023) Pola Konsumeritas Yang Dipengaruhi Brand Engagement In Self-Concept Dalam Tren Slow Fashion (Consumerism Patterns Influenced By Brand Engagement In Self-Concept In Slow Fashion Trends). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_NABBILA PUTRI SHABRINA IRAWAN-20191111015.pdf

Download (809kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1_NABBILA PUTRI SHABRINA IRAWAN-20191111015.pdf

Download (10MB)
[img] Text (Halaman Judul)
COVER_NABBILA PUTRI SHABRINA IRAWAN-20191111015.pdf

Download (826kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_NABBILA PUTRI SHABRINA IRAWAN-20191111015.pdf

Download (803kB)
Official URL: https://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1...

Abstract

Kondisi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan dengan berjalannya waktu dari efek produksi pakaian secara massal dan minimnya atensi terhadap kesejahteraan buruh pabrik penyedia garmen memunculkan konsep slow fashion sebagai salah satu solusi mengatasi kedua kondisi tersebut. Keputusan konsumen untuk memilih mengkonsumsi produk dari merek dengan kepedulian terhadap kondisi lingkungan dan kesejahteraan sumber daya manusia didasari oleh hubungan yang tercipta antara konsumen dan merek, Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari Value Co-creation, Social Media Marketing Activities, Brand Self-connection, Brand Image, Brand Engagement in Self-concept, Brand Loyalty, dan Positive Word-of-mouth pada tren konsumerisme merek pakaian slow fashion. Penelitian ini memiliki tujuh variabel yaitu Value Co-creation, Social Media Marketing Activities, Brand Self-connection, Brand Image, Brand Engagement in Self-concept, Brand Loyalty, dan Positive Word-of-mouth. Sampel penelitian ini antara lain adalah konsumen muda yang mengikuti tren pakaian slow fashion dan pernah membeli merek pakaian slow fashion yang bertempat tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Convenience sampling digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 68 responden yang menerapkan tren slow fashion. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Januari hingga Maret 2023, dan diolah dengan menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM PLS) Versi 3. Convenience sampling digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Pemasaran Media Sosial dan Hubungan Diri Merek berpengaruh positif secara signifikan terhadap Keterlibatan Merek pada Konsep Diri. Keterlibatan Merek pada Konsep Diri juga dinilai memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kedua variabel Loyalitas Merek dan Word-of-mouth Positif. Tetapi penelitian ini juga menunjukkan bahwa Penciptaan Nilai Bersama dan Citra Merek tidak berpengaruh terhadap Keterlibatan Merek pada Konsep Diri, serta terbukti bahwa Loyalitas Merek tidak memberikan pengaruh terhadap Word-of-mouth Positif. Kata Kunci: Value Co-creation, Social Media Marketing Activities, Brand Self-connection, Brand Image, Brand Engagement in Self-concept, Brand Loyalty, dan Positive Word-of-mouth

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 31 Jan 2024 09:29
Last Modified: 31 Jan 2024 09:29
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/7558

Actions (login required)

View Item View Item