Pengaruh Independensi Dan Etika Profesi Internal Auditor Dalam Upaya Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi Pada PT PLN Pusat Dan Distribusi Jawa Timur)

Serasi, Nyimas Nur Ahmadilly (2014) Pengaruh Independensi Dan Etika Profesi Internal Auditor Dalam Upaya Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi Pada PT PLN Pusat Dan Distribusi Jawa Timur). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
NYIMAS NUR AHMADILLY SERASI, Ak.-IBS, 2013.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
NYIMAS NUR AHMADILY_200912074_JURNAL .pdf

Download (592kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=19...

Abstract

Dalam era globalisasi dewasa ini, peran dari fungsi internal auditor sangat dibutuhkan untuk melakukan pengawasan sistem pengendalian internal dan meningkatkan kinerja entitas sebagai cerminan dari mekanisme Good Corporate Governance, khususnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor : kep-117/M-MBU/2002 mengharuskan BUMN untuk memiliki sistem pengendalian yang efektif dan meningkatkan praktek GCG. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat analisa mengenai pengaruh independensi dan etika profesi internal auditor terhadap mekanisme GCG dalam entitas pemerintah (PT. PLN Persero). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 72 internal auditor yang bekerja pada PT. PLN (Persero) Pusat dan Distribusi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan probability sampling untuk menentukan sampel yang digunakan dalam penelitian. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai metode untuk mengumpulkan data dan skala likert untuk mengukur skor kuesioner yang diolah menggunakan model regresi berganda dengan bantuan program statistik, yaitu Statistical Product and Service Solution (SPSS) untuk mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Secara simultan independensi dan etika proesi internal auditor berpengaruh signifikan terhadap mekanisme Good Corporate Governance pada PT. PLN (Persero) Pusat dan Distribusi Jawa Timur. (2) Independensi berpengaruh signifikan terhadap mekanisme Good Corporate Governance pada PT. PLN (Persero) Pusat dan Distribusi Jawa Timur. (3) Etika profesi internal auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap mekanisme Good Corporate Governance pada PT. PLN (Persero) Pusat dan Distribusi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:42
Last Modified: 25 Nov 2020 04:42
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item