Pengaruh Risiko Perbankan Terhadap Penerapan Konservatisme Pada Laporan Keuangan Bank (Studi Pada Beberapa Bank Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013)

Reninta, Shabrina (2015) Pengaruh Risiko Perbankan Terhadap Penerapan Konservatisme Pada Laporan Keuangan Bank (Studi Pada Beberapa Bank Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Shabrina Reninta, Ak.-Ibs.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Shabrina Reninta, Ak.-Ibs_jurnal.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=24...

Abstract

Konservatisme adalah prinsip akuntansi adalah prinsip yang menuntut adanya standar verifikasi yang tinggi dalam mencatat keuntungan dan kerugian. Risiko perbankan merupakan suatu kejadian potensial baik yang dapat diperkirakan maupun tidak diperkirakan yang akan berdampak positif ataupun negatif terhadap pendapatan dan permodalan bank serta merupakan suatu hal yang harus sangat diperhatikan oleh sebuah bank. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari risiko-risiko perbankan terhadap konservatisme akuntansi bank setelah adanya perubahan standar dari GAAP ke IFRS. Risiko-risiko perbankan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah yaitu risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas dan risiko operasional. Objek penelitian ini adalah perusahaan bank yang terdatar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2013. Pemilihan sampel dalam penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode statistic yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari pengolahan data secara bersama-sama risiko keuangan perbankan memiliki pengaruh terhadap konservatisme akuntansi namun secara parsial menuunjukkan bahwa risiko kredit dan risiko pasar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konservatisme, sedangkan risiko likuiditas dan risiko operasional memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap konservatisme Kata Kunci: Konservatisme, risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko operasional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 30 Jul 2020 05:24
Last Modified: 26 Aug 2020 09:42
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item