Proses Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prediksi Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi XYZ

Andriani, Meta and Argakoesoemah, Mohamad Ramadhan and Picaulima, Sylvania Chavelle and Nugraha, Rifqi Alif Proses Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prediksi Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi XYZ. NATIONAL CONFERENCE & CALL FOR PAPERS IBS 2021. ISSN 987-623-98550-0-0

[img]
Preview
Text
Dokumen Conference Semnas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran jarak jauh didorong dengan efikasi diri yang kuat, artinya mahasiswa harus mempunyai kesadaran penuh bahwa mereka itu merasa dirinya mampu belajar secara jarak jauh. Secara general berarti dalam proses pembelajaran jarak jauh, mahasiswa cenderung mampu untuk belajar mandiri atau belajar dengan temannya asalkan dengan materi yang baik, menarik dan jelas. Efikasi diri pada mahasiswa dapat terbentuk dan terus meningkat sejalan dengan pemberian konseling, pendampingan dan berbagai program peningkatan motivasi yang lainnya juga. Mahasiswa dapat merasa puas terhadap proses pembelajaran jarak jauh karena mereka memiliki waktu luang yang lebih banyak sehingga dapat melakukan kegiatan lainnya, namun harus sejalan dengan peningkatan interaksi di kelas terhadap pemaparan materi pembelajaran agar materinya lebih mudah dipahami. Penelitian ini difokuskan untuk mengidentifikasi pengaruh Online Learning Self-Efficacy, Learner-Content Interaction, Learner-Instructor Interaction, Learner-Learner Interaction terhadap Student Satisfaction pada perguruan tinggi XYZ pada program studi Manajemen semester 1 hingga semester 8. Kuesioner dibagikan kepada 153 responden dan data dianalisis melalui SmartPLS versi 3.3.3. Penelitian ini menggunakan pendekatan desain penelitian deskriptif dengan data empiris yang dikumpulkan melalui survei daring sampel pada mahasiswa perguruan tinggi XYZ pada program studi manajemen semester 1 hingga semester 8. Data empiris kemudian diolah menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS)-SEM untuk menguji sejumlah hipotesis yang diajukan. Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: Learner–Content Interaction terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan Student Satisfaction Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa; Learner-Content Interaction; Learner-Instructor Interaction; Learner-Learner Interaction; Efikasi Diri

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Mrs. Meta Andriani
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:07
Last Modified: 13 Jul 2023 06:07
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/6584

Actions (login required)

View Item View Item