Dampak Kecerdasan Emosional Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa STIE Indonesia Banking School Program Studi Akuntansi)

Mutri, Shavira (2017) Dampak Kecerdasan Emosional Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa STIE Indonesia Banking School Program Studi Akuntansi). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Shavira Mutri, Ak.-IBS, 2016.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Shavira Mutri, Ak.-IBS, 2016-2.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=34...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi STIE Indonesia Banking School angkatan 2012 dan 2013 sebanyak 140 mahasiswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui metode kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan metode analisis linier berganda. Variabel-variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial; sedangkan variabel terikatnya adalah tingakat pemahaman akuntansi mahasiswa (nilai-nilai mata kuliah akuntansi). Data yang diperoleh dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial secara simultan tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Hasil juga menunjukkan bahwa secara parsial pengendalian berdampak positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Sedangkan, pengenalan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial tidak berdampak terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kata Kunci: Kecerdasan emosional (EQ), Tingkat Pemahaman Akuntansi, pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:43
Last Modified: 01 Sep 2020 04:19
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item