Pengaruh Return On Asset (ROA) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responbility Dan Kepemilikan Managerial Sebagai Variabel Pemoderasi

Putri, Rima Kartika (2017) Pengaruh Return On Asset (ROA) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responbility Dan Kepemilikan Managerial Sebagai Variabel Pemoderasi. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Rima Kartika Putri, Ak.-IBS, 2016.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Rima Kartika Putri, Ak.-IBS, 2016 (2).pdf

Download (801kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=34...

Abstract

Dampak krisis ekonomi tahun 2008 serta dalam menghadapi MEA 2015 membuat perusahaan manufaktur mengalami keadaan yang tidak stabil dan tidak dapat mempertahankan nilai perusahaan. Penilaian prestasi suatu perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan itu untuk menghasilkan laba. Laba perusahaan selain merupakan kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban bagi para pemilik dananya juga merupakan indikator dalam penciptaan nilai perusahaan yang menunjukkan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan ROA terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur periode 2011-2014. Selain itu CSR dan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi dengan hubungan ROA terhadap nilai perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier dan Uji T dengan level signifikansi 5% serta diolah dengan menggunakan Eviews7. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ROA berpengaruh positif signifikan terhadap Tobin’s Q. CSR berpengaruh signifikan atau dapat memoderasi tetapi memperlemah hubungan return on asset (ROA) terhadap Tobin’s Q. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan atau tidak dapat memoderasi hubungan ROA terhadap Tobin’s Q. Hasil penelitian ini memberikan implikasi kepada manajemen, pemerintah, masyarakat dan akademisi yaitu perlunya mempertimbangkan ROA, CSR dan kepemilikan manajerial dalam meningkatkan nilai perusahaan. Kata Kunci : ROA, Tobin’s Q, Pengungkapan CSR, Mekanisme Good Corporate, Kepemilikan Manajerial, Size, Leverage.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:35
Last Modified: 01 Sep 2020 04:14
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item