Pengaruh Dewan Direksi, Dewan Komesaris, Dan Komisaris Independen Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Konvensional Di Indoenesia Tahun 2008-2014

Salim, Ridwan (2017) Pengaruh Dewan Direksi, Dewan Komesaris, Dan Komisaris Independen Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Konvensional Di Indoenesia Tahun 2008-2014. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Ridwan Salim, Ma.-IBS, 2016.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Ridwan Salim, Ma.-IBS, 2016 (1).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=33...

Abstract

Terjadi penurunan kinerja keuangan Bank Umum Konvensional di Indonesia pada tahun 2008, hal ini seiring dengan terjadinya krisis keuangan global tahun 2008 yang diawali dengan terjadinya subprime mortgage,dimana salah satu pemicunya adalah kegagalan tata kelola perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variable dewan direksi, dewan komisaris, komisaris independen terhadap kinerja keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Konvensional di Indonesia tahun 2008 –2014. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive samplingdan sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 31 Bank Swasta Nasional. Variabel yang digunakan yaitu kinerja keuangan sebagai variabel dependen, Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komisaris Independen sebagai variabel independen. Ukuran perusahaan dan leverage sebagai variabel kontrol. Data diperoleh dari data sekunder laporan tahunan perusahaanperiode 2008 -2014. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, tingkat signifikansi 5%, dan diolah dengan Eviews 7.1. Hipotesis dalam penelitian ini didasarkan pada penelitian terdahulu dan berbagai teori pendukung lainnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dewan direksi, dewan komisaris dan komisaris independen masing-masing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan. Hasil penelitian ini berimplikasi pada perusahaan untuk mempertimbangkan jumlah dewan direksi, dewan komisaris, dan komisaris independen guna meningkatkan kinerja keuangan. Kata kunci: Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komisaris Independen, Kinerja Keuangan, Return on Asset(ROA).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:31
Last Modified: 01 Sep 2020 04:14
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item