Uji Beda Kinerja Keuangan Dan Kinerja Saham Bank Konglomerat Dan Bank Beroperasi Tunggal Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Wulandari, Resty (2017) Uji Beda Kinerja Keuangan Dan Kinerja Saham Bank Konglomerat Dan Bank Beroperasi Tunggal Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Resty Wulandari, Ak.-IBS, 2016.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Resty Wulandari, Ak.-IBS, 2016 (2).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=35...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis perbedaan kinerja keuangan dan kinerja saham antara bank konglomerat dan bank beroperasi tunggal yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variable yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan dalam penilitian ini adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), Return on Asset (ROA), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), serta Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) yang diukur menggunakan rasio. Sedangkan variable yang digunakan untuk mengukur kinerja saham dalam penelitian ini adalah Price Book Value (PBV) yang diukur menggunakan rasio. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 4 bank untuk kelompok bank konglomerat serta 4 bank untuk kelompok bank beroperasi tunggal yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2015. Data diperoleh dari data sekunder yaitu website Bursa Efek Indonesia (BEI)serta website yahoofinance. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda dengan 2 sampel yang tidakberkaitan (independent). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan dalam variable ROA, LDR, serta BOPO antara kelompok bank konglomerat dengan kelompok bank beroperasi tunggal. Tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan dalam variable CAR dan NPL antara kelompok bank konglomerat dengan kelompok bank beroperasi tunggal karena diatur ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan terdapat perbedaan kinerja saham dalam variable PBV antara kelompok bank konglomerat dengan kelompok bank beroperasi tunggal. Secara umum, kinerja keuangan dan kinerja saham kelompok bank konglomerat lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok bank beroperasi tunggal. Kata kunci: CAR, ROA, LDR, NPL, BOPO, PBV, dan Bank.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:33
Last Modified: 01 Sep 2020 04:00
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item