Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan Dan Bank Di Indonesia Yang Menerbitkan Obligasi Dan Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2015)

Ningsih, Nurul Wahyu (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan Dan Bank Di Indonesia Yang Menerbitkan Obligasi Dan Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2015). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Skripsi Lengkap)
SKRIPSI-NURUL WAHYU NINGSIH (20121112079)..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
JURNAL-NURUL WAHYU NINGSIH (20121112079).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=33...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh faktor-faktor akuntansi dan non akuntansi terhadap prediksi peringkat obligasi. Faktor akuntansi yaitu variabel profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan. Faktor non-akuntansi dibagi menjadi faktor mikro dan faktor makro. Faktor mikro yaitu variabel umur obligasi dan reputasi KAP, serta faktor makro yaitu variabel kurs valuta asing dan tingkat inflasi. Pemilihan sampel dalam penelitian, menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh total sampel 120 pengamatan pada perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2015. Model penelitian diestimasi dengan menggunakan teknik analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi, umur obligasi berpengaruh negatif signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi, dan reputasi KAP berpengaruh positif signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi. Sedangkan profitabilitas, leverage, kurs valuta asing, dan tingkat inflasi masing-masing tidak berpengaruh signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi. Kata Kunci: Peringkat Obligasi, Rasio Keuangan, Faktor Mikro, Kurs Valuta Asing, Tingkat Inflasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:23
Last Modified: 01 Sep 2020 04:00
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item