Analisis Perbandingan Profitabilitas Pada Perusahaan Farmasi BUMN (Periode Sebelum Dan Setelah BPJS Kesehatan Tahun 2010-2017)

Zhafira, Zanna (2019) Analisis Perbandingan Profitabilitas Pada Perusahaan Farmasi BUMN (Periode Sebelum Dan Setelah BPJS Kesehatan Tahun 2010-2017). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Zanna Zhafira, Ma.-Ibs, 2018.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Zanna Zhafira, Ma.-Ibs, 2018(1).pdf

Download (767kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari perputaran modal kerja, perputaran persediaan dan perputaran piutang terhadap profitabilitas perusahaan Farmasi BUMN yang terdaftar di BEI. Penelitian dilakukan dengan menggunakan periode penelitian 4 tahun sebelum (2010-2013) dan 4 tahun setelah (2014-2017) penerapan BPJS Kesehatan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perputarn Modal Kerja, Perputaran Persediaan dan Perputaran Piutang. Variabel dependen yang digunakan adalah Profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA). Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengolahan datanya menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada periode sebelum penerapan BPJS perputaran modal kerja berpengaruh signifikan negatif terhadap profitabilitas, perputaran persediaan dan perputaran piutang secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap profitabilitas. Sedangkan pada periode setelah penerapan BPJS Kesehatan, variabel perputaran modal kerja, perputaran persediaan dan perputaran piutang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Hasil uji paired t-test menunjukkan terjadinya penurunan profitabilitas secara signifikan pada periode setelah penerapan BPJS dibandingkan dengan sebelum penerapan BPJS. Kata Kunci: Perputaran Modal Kerja, Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang, Profitabilitas (Return On Asset), BPJS Kesehatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 29 Apr 2020 13:42
Last Modified: 24 Aug 2020 02:34
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item