Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Financial Attitude Dan Financial Behavior (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Indonesia Banking School)

Aisyah, Siti (2019) Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Financial Attitude Dan Financial Behavior (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Indonesia Banking School). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Siti Aisyah Singgih, Ma.-Ibs, 2018.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Siti Aisyah Singgih, Ma.-Ibs, 2018-2.pdf

Download (701kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari literasi keuangan terhadap sikap keuangan dan perilaku keuangan mahasiswa. Literasi keuangan itu penting di beberapa tingkatan karena memiliki implikasi yang cukup besar bagi kesejahteraan individu. Agar menjadi seseorang yang cakap secara finansial, orang tersebut harus memiliki kemampuan untuk mengerti pengetahuan tersebut dan menggunakan pengetahuan tersebut di kehidupan sehari-hari. Sampel dari penelitian ini adalah 176 mahasiswa di Indonesia Banking School. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Kuesioner digunakan sebagai metode untuk menggumpulkan data dan skala Likert digunakan untuk menghitung skor dengan menggunakan model regresi sederhana serta Statistical Product and Service Solution (SPSS) untuk mengolah data. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Mahasiswa di Indonesia Banking School memiliki tingkat literasi keuangan yang menengah dengan tingkat tinggi dalam aspek Pengetahuan Keuangan Dasar dan Investasi, serta tingkat menengah dalam aspek Asuransi serta Tabungan dan Pinjaman. (2) Literasi keuangan memiliki pengaruh positif terhadap perilaku keuangan. (3) Literasi keuangan tidak memiliki pengaruh positif terhadap sikap keuangan. Kata Kunci: Financial Literacy, Financial Attitude, Financial Behavior.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 29 Apr 2020 13:42
Last Modified: 24 Aug 2020 02:46
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item