Analisis Kinerja Keuangan Dan Kinerja Efisiensi Dengan Metode Data Envelopment Analysis (Studi Empiris Pada Bank Umum Konvensional Periode 2014 - 2015)

Kusuma, Kirana (2017) Analisis Kinerja Keuangan Dan Kinerja Efisiensi Dengan Metode Data Envelopment Analysis (Studi Empiris Pada Bank Umum Konvensional Periode 2014 - 2015). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Kirana Kusuma, Ma.-IBS, 2016-2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Kirana Kusuma, Ma.-IBS, 2016.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=33...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti tingkat efisiensi perbankan di indonesia, serta hubungan antara kinerja keuangan dengan tingkat efisiensi bank. Variabel dependen pada penelitian ini adalah efisiensi bank, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah kinera keuangan dengan menggunakan rasio CAEL. Untuk menganalisis kinerja keuangan menggunakan rasio permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, sedangkan untuk menganalisis tingkat efisiensi bank menggunakan non-parametrik yaitu metode Data Envelopment Analysis (DEA). Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Umum Konvensional Selain Bank Asing dan Bank Syariah pada periode 2014-2015. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada 3, yang pertama menggunakan metode DEA untuk menghitung skor efisiensi, yang kedua menganalisis rasio keuangan CAEL, dan yang ketiga menggunakan regresi tobit. Secara keseluruhan penelitian ini akan menghasilkan tingkat efisiensi bank di indonesia yang dapat dilihat dari skor DEA, kemudian dihubungkan dengan kinerja keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) non performing loan, return on asset, dan loan to deposit ratio berhubungan positif dan signifikan terhadap efisiensi bank, (2) capital adequacy ratio berhubungan negatif dan tidak signifikan terhadap efisiensi bank. Kata Kunci: Efisiensi, CAR, NPL, ROA, LDR, Model Tobit.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:27
Last Modified: 28 Aug 2020 04:16
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item