Analisis Fraud Triangle Untuk Mendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Go Public Non Perbankan Dan Jasa Keuangan Periode 2012-2015

Elandi, Kharisma (2017) Analisis Fraud Triangle Untuk Mendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Go Public Non Perbankan Dan Jasa Keuangan Periode 2012-2015. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
20121112092-2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
20121112092.pdf

Download (18MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=34...

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis indikasi terjadinya fraud laporan keuangan dengan menggunakan teori fraud triangle, yang tediri dari pressure, opportunity, dan rationalization. Variabel pressure diukur dengan menggunakan financial, external pressure, personal financial need, dan financial targets, variabel opportunity diukur dengan menggunakan nature of industry dan ineffective monitoring, dan variable rationalization diukur dengan menggunakan variabel dummy, nilai satu untuk perusahaan yang mengganti penggunaan auditor eksternalnya untuk setiap tahunnya, dan nilai nol untuk yang tidak. Variabel dependen, fraud diukur dengan menggunakan perhitungan Beneish M-Score yang kemudian diukur dengan menggunakan variable dummy, nilai satu untuk yang memiliki hasil lebih besar dari -2.22 dan terindikasi melakukan fraud dan nilai nol untuk yang memiliki hasil kurang dari -2.22 dan tidak terindikasi melakukan fraud. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan sampel penelitian ini adalah 68 perusahaan go public non perbankan dan jasa keuangan yang memiliki total aset tertinggi untuk setiap sub sektornya periode 2012-2015. Analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik dan menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa financial stability berpeluang untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya fraud laporan keuangan, sedangkan variabel external pressure, personal financial needs, financial targets, nature of industry, ineffective monitoring, dan audior change tidak memiliki pengaruh terhadap fraud laporan keuangan. Kata Kunci: Fraud laporan keuangan, opportunity, pressure, rationalization, financial stability, external pressure, personal financial needs, financial targets, nature of industry, ineffective monitoring, audior change.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:26
Last Modified: 28 Aug 2020 04:50
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item