Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Bank terhadap Profitabilitas pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Rahmi, Kartika (2017) Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Bank terhadap Profitabilitas pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Kartika Rahmi, Ak.-IBS, 2016.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Kartika Rahmi, Ak.-IBS, 2016-Jurnal.pdf

Download (675kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=34...

Abstract

GCG (Good Corporate Governance) merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah perusahaan. Perusahaan yang sudah terbukti memperhatikan system organisasi tersebut akan cenderung memiliki sistem tata kelola yang baik pula. Apabila hal tersebut sudah tercipta maka perusahaan dapat membina hubungan yang baik dengan para stakeholder. Hubungan yang baik tersebut akan menimbulkan kepercayaan yang tinggi dari para stakeholder sehingga diharapkan berdampak pada peningkatan profitabilitas perusahaan. Profitabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk mencapai laba. Profitabilitas selain dipengaruhi oleh Corporate Governance juga dipengaruhi oleh ukuran bank. Semakin besar ukuran bank maka semakin besar pula kemampuannya dalam menghasilkan laba. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Good Corporate Governance dan ukuran bank terhadap profitabiltas bank umum yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode data panel. Penelitian ini menggunakan data bank umum yang yerdaftar di BEI dari tahun 2012 s/d 2014 dan data diambil dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi fixed effect dan uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variable CG berpengaruh terhadap kinerja atau profitabilitas dan variable ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas pada bank umum yag terdaftar di BEI periode tahun 2012 s/d 2014. Kata kunci : corporate governance, ukuran perusahaan, profitabilitas(ROA).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:24
Last Modified: 28 Aug 2020 05:05
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item