SOCIAL MEDIA MARKETING ON INSTAGRAM: PERAN BEAUTY INFLUENCER DALAM PEMASARAN SCARLETT WHITENING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Rimadias, Santi and Werdiningsih, Yunita and Baqi, Ahmad Farhan (2022) SOCIAL MEDIA MARKETING ON INSTAGRAM: PERAN BEAUTY INFLUENCER DALAM PEMASARAN SCARLETT WHITENING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7 (1). pp. 88-100. ISSN 2599-283X

[img]
Preview
Text
337-Article Text-586-1-10-20220731.pdf

Download (385kB) | Preview
Official URL: http://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis

Abstract

Abstrak: Instagram sebagai salah satu sosial media memungkinkan merek untuk berkomunikasi lebih baik dan intensif dengan konsumen. Influencer telah menjadi pilihan populer dalam periklanan di media sosial Instagram karena orisinalitas dan daya tarik yang melekat pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis peran beauty influencer, yang meliputi celebrity trustworthiness, celebrity expertise, celebrity attractiveness, celebrity similarity, celebrity liking, celebrity familiarity dan celebrity match-up congruence dalam pemasaran Scarlett Whitening di Instagram. Peran Beauty Influencer akan mendorong customer’s attitude toward brand sehingga menciptakan purchase intention Scarlett Whitening di media sosial Instagram. Penelitian ini juga berupaya untuk menguji dan menganalisis pengaruh influencer�followers relationship terhadap purchase intention. Survei ini melibatkan 150 responden pengguna Instagram dengan menggunakan kuesioner penelitian. Pengukuran konstruksi menggunakan skala yang ditetapkan. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan Partial Least Square (Smart PLS 3.0). Penelitian dilakukan selama periode Februari sampai dengan Juni 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity expertise, celebrity attractiveness, celebrity familiarity dan celebrity match-up congruence berpengaruh positif terhadap customer’s attitude toward brand. Sementara itu, celebrity trustworthiness, celebrity liking, celebrity similarity tidak memengaruhi customer’s attitude toward brand. customer’s attitude toward brand berpengaruh positif purchase intention. sedangkan, influencer-followers relationship tidak memengaruhi purchase intention. Kata kunci: Social media marketing; customer’s attitude toward brand; influencer-followers relationship; purchase intention; beauty influencer.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Mrs. Santi Rimadias
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:04
Last Modified: 22 Aug 2022 03:04
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/5008

Actions (login required)

View Item View Item