Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Peristiwa Ekonomi Dalam Negeri (Event Study Pada Peristiwa Pengumuman Pengesahan Undang-Undang Tax Amnesty Pada Tanggal 28 JUNI 2016)

Shabrina, Isna Nur (2017) Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Peristiwa Ekonomi Dalam Negeri (Event Study Pada Peristiwa Pengumuman Pengesahan Undang-Undang Tax Amnesty Pada Tanggal 28 JUNI 2016). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Isna Nur Shabrina, Ma.-IBS, 2016.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Isna Nur Shabrina, Ma.-IBS, 2016-2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=33...

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian event study yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh empiris pada reaksi pasar modal Indonesial terhadap peristiwa ekonomi dalam negeri yaitu pengumuman pengesahan undangundang tax amnesty dengan menggunakan indikator abnormal return, aktivitas volume perdagangan , dan bid ask spread sebagai indicator penilaiannya. Populasi dalam penelitian ini adalah saham yang termasuk dalam indeks LQ 45 pada bursa efek indonesia, dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari harga saham harian, , volume perdagangan, harga saham harian tertinggi dan terendah, indeks harga saham harian selama tiga hari sebelum, satu hari pada saat, dan tiga hari setelah peristiwa. Perhitungan statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah pengujian Willcoxon signed. Hasil uji Wilcoxon membuktikan bahwa tidak terdapat perpedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return dan aktivitas volume perdagangan pada periode sebelum dan setelah peristiwa, hasil ini berbeda dengan perhitungan pada indikator bid ask spread. Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata bid ask spread pada periode sebelum dan setelah peristiwa. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa pasar modal Indonesia sensitif terhadap peristiwa ekonomi. Kata kunci: studi peristiwa, abnormal return, aktivitas volume perdagangan, bid ask spread.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:17
Last Modified: 31 Aug 2020 04:33
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item