Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Corporate Governance Terhadap Kebijakan Likuiditas (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di BEI Periode 2012-2015

Noviany, Dita (2017) Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Corporate Governance Terhadap Kebijakan Likuiditas (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di BEI Periode 2012-2015. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Dita Noviany, Ak.-IBS, 2016.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Dita Noviany, Ak.-IBS, 2016-2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=34...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Corporate Governance Terhadap Kebijakan Likuiditas. Sehingga menimbulkan sebuah pertanyaan apakah struktur kepemilikan dapat mengelola uang yang diinvestasikan oleh investor dengan baik dan apakah penerapan corporate governance yang bisa dibilang buruk ini akan membuat pengelolaan uang di dalam perusahaan juga buruk. Penelitian ini menggunakan uji analisis Fixed Effect Model (FEM). Variabel dependen pada penelitian ini adalah kebijakan likuiditas yang diproksikan dengan cash holdings, sedangkan variabel independen pada penelitian ini adalah: (a) Struktur Kepemilikan yang diproksikan dengan (1) Insider Ownership, (2) Foreign Ownership dan (b) Corporate Governance yang diproksikan dengan (3) Board Size, (4) Board Composition dan variabel kontrol pada penelitian ini adalah (5) Firm Size, (6) Sales Growth. Penelitian ini menggunakan data panel sejumlah 65 observasi dari sampel perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Insider Ownership, Board Size dan Firm Size memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Cash Holdings, (2) Foreign Ownership, Board Composition dan Sales Growth memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Cash Holdings. Kata kunci: Struktur Kepemilikan, Corporate Governance, Kebijakan Likuiditas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:15
Last Modified: 28 Aug 2020 04:17
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item View Item