Analisis Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah Dan Tax Effort Pada Kabupaten/Kota Di Pulau Timor Provinsi Nusa Tenggara Timur Periode 2008-2013

Mella, Fomeni Reninda (2016) Analisis Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah Dan Tax Effort Pada Kabupaten/Kota Di Pulau Timor Provinsi Nusa Tenggara Timur Periode 2008-2013. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Fomeni Reninda Mella.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Fomeni Reninda Mella Jurnal.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=26...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dana alokasi umum, pendapatan asli daerah, belanja modal dan pendapatan per kapita terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah dan tax effort pada pemerintah kabupaten/kota di Pulau Timor Provinsi Nusa Tenggara Timur periode 2008-2013. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengujian dalam penelitian ini terdiri dari uji permodelan data, uji asumsi klasik dan regresi persamaan untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini dilakukan menggunakan program Eviews 7. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Data sekunder yang digunakan diperoleh melalui situs Badan Pusat Statistik dan Departemen Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK). Hasil penelitian menunjukan dana alokasi umum memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah, begitupula dengan pendapatan asli daerah memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kemandirian keuangan daerah, sedangkan belanja modal dan pendapatan per kapita tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat kemandirian keuangan daerah Adapun hasil penelitian berikutnya dana alokasi umum tidak memiliki pengaruh terhadap tax effort, namun variabel pendapatan asli daerah memiliki pengaruh signifikan positif terhadap tax effort. Untuk variabel belanja modal dan variabel pendapatan per kapita tidak memiliki pengaruh terhadap tax effort. Kata kunci: dana alokasi umum, pendapatan asli daerah, belanja modal, pendapatan per kapita, tingkat kemandirian keuangan daerah, tax effort.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:03
Last Modified: 18 Aug 2020 07:23
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item