Aspek Pembentuk Consumer Attitude Serta Implikasinya pada Purchase Intention: Studi pada Konteks Online Video Advertising

Kurniawan, Andika Dwi (2019) Aspek Pembentuk Consumer Attitude Serta Implikasinya pada Purchase Intention: Studi pada Konteks Online Video Advertising. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img] Text (Naskah Ringkas)
Andika Dwi Kurniawan, Ma.-Ibs, 2018-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (Naskah Lengkap)
Andika Dwi Kurniawan, Ma.-Ibs, 2018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43...

Abstract

Penggunaan celebrity endorser dalam sebuah iklan sering digunakan untuk mendukung penjualan suatu produk. Selain itu penggunaan celebrity endorser dalam iklan dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari elemen trustworthiness, expertness, similarity, attractiveness, dan celebrity match-up congruence with the brand/product pada pembentukan sikap konsumen terhadap iklan, serta implikasi pemasarannya. Implikasi pemasaran yang diangkat adalah niat beli konsumen atas merek yang menggunakan celebrity endorser dalam iklan tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan online kuesioner dengan sampel sebanyak 160 responden yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (JABODETABEK). Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Trustworthiness tidak berpengaruh signifikan terhadap attitude toward ads, 2) Expertness tidak berpengaruh signifikan terhadap attitude toward ads, 3) Similarity terbukti berpengaruh positif terhadap attitude toward ads, 4) Attractiveness tidak berpengaruh signifikan terhadap attitude toward ads, 5) Celebrity matchup congruence with the brand/product terbukti berpengaruh positif terhadap attitude toward ads, 6) Attitude toward ads terbukti berpengaruh positif terhadap attitude toward brand, 7) Attitude toward brand terbukti berpengaruh positif terhadap purchase intention. Kata kunci: Celebrity Endorsement, Online Video Advertising, OVA, Trustworthiness, Expertness, Similarity, Attractiveness, Celebrity matchup congruence with the brand/product, Attitude Toward Ads, Attitude Toward Brand, dan Purchase Intention.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 29 Apr 2020 13:35
Last Modified: 17 Jul 2024 01:21
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item