Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan

Wulandari, Rezeki Tri (2016) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Rezeki Tri Wulandari.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Rezeki Tri Wulandari, jurnal.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=26...

Abstract

Salah satu acuan yang handal sebagai dasar pengambilan keputusan dapat diberikan jika laporan keuangan memiliki informasi yang relevan dan reliable. Hilangnya relevansi informasi tersebut dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kemampuan laporan keuangan sebagai alat bantu prediksi bagi para pemakainya. Hal tersebut mencerminkan betapa pentingnya ketepatwaktuan (timeliness) penyajian laporan keuangan tahunan ke publik dan perusahaan diharapkan untuk tidak menunda penyajian laporan keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) dan kepemilikan institusional terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Sampel dalam penelitian ini adalah perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 - 2014 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari website bursa efek. Analisis data dilakukan dengan logistic regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan institusional secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Sedangkan, secara parsial ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan, umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan positif terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan, profitabilitas tidak berpengaruh signifikan positif terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan, dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan Kata Kunci: Ketepatan waktu pelaporan keuangan, ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan institusional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:01
Last Modified: 26 Aug 2020 09:37
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item