Consumer Ethnocentrism Sebagai Penggerak Sikap Terhadap Merek Lokal dalam Membentuk Brand Loyalty

Ramadhan, Andre Rahadian (2017) Consumer Ethnocentrism Sebagai Penggerak Sikap Terhadap Merek Lokal dalam Membentuk Brand Loyalty. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Andre Rahadian Ramadhan, 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Andre Rahadian Ramadhan, Ma.-IBS, 2016.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=33...

Abstract

Pada zaman sekarang seperti ini, etnosentrisme konsumen telah menjadi alat strategis yang penting digunakan oleh perusahaan-perusahaan domestik dalam menghadapi persaingan global. Namun, kemampuan untuk menanggapi fenomena ini memiliki beberapa variasi dalam konteks industri dan budaya yang berbeda. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membahas efek dari etnosentrisme serta faktor yang menyebabkan konsumen memiliki sikap terhadap produk lokal dan produk asing untuk kemudian apakah konsumen menjadi loyal terhadap suatu merek. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode analis survey. Dalam menghimpun data, peneliti mengambil sampel dan menggunakan kuesioner sebagai sumber data. Responden dipilih dengan menggunakan teknik non probability sampling dan conveniece sampling. Model penelitian ini diuji dengan menggunakan sampel pada 135 pelanggan Brodo Footwear. Hasil analisis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menujukkan empat dari enam hipotesis didukung dan memiliki pengaruh yang signifikan kemudian selebihnya tidak didukung serta tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Dalam penelitian ini consumer ethnocentrism berpengaruh positif terhadap attitude toward domestic product dan attitude toward domestic brand. Selain itu dalam penelitian ini terdapat hasil yang menyatakan bahwa consumer ethnocentrism memiliki pengaruh negatif pada attitude toward foreign product dan attitude toward domestoc brand. Peneliti menyarakan kepada Brodo selaku perusahaan merek lokal agar terus melakukan strategi pemasaran melalui pendekatan consumer ethnocentrism. Kata Kunci: consumer ethocentrism, brand loyalty, attitude toward domestic and foreign product, attitude toward the brand.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:54
Last Modified: 28 Aug 2020 07:14
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item