Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perusahaan dalam Pemilihan Kantor Akuntan Publik (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar Dalam LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Dwiputra, Amirul Zaki (2017) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perusahaan dalam Pemilihan Kantor Akuntan Publik (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar Dalam LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Amirul Zaki Dwiputra, 2.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Amirul Zaki Dwiputra.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=34...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam memilih kantor akuntan publik. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar didalam index LQ 45 Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh secara sekunder dari laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit dan telah dipublikasikan ke dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, rasio leverage, dan rasio profitabiltias; sedangkan variabel terikatnya adalah pemilihan kantor akuntan publik yang berkualitas. Data yang telah diperoleh, diolah dengan bantuan perangkat lunak SPSS 23. Menggunakan analisis regresi logistik biner, hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah positif terhadap pemilihan kantor akuntan publik. Sementara rasio leverage dan profitabilitas secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap pemilihan kantor akuntan publik. Kata kunci: pemilihan kantor akuntan publik, ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:53
Last Modified: 28 Aug 2020 04:17
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item