Analisis Pengaruh Ukuran KAP, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di BEI

Junitasari, Amiko Putri (2017) Analisis Pengaruh Ukuran KAP, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di BEI. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Amiko Putri Junitasari, Ak.-IBS, 2016.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
20111112061-2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=33...

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya, salah satunya adalah batu bara. Opini audit going concern merupakan opini yang dikeluarkan auditor untuk memastikan apakah perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Perusahaan yang menurut pertimbangan auditor terdapat keraguan terhadap kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, maka akan memperoleh opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas mengenai kemampuan suatu usaha dalam mempertahankan kelangsungan hidup. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis ukuran KAP, profitabilitas, dan likuiditas terhadap pemberian opini audit going concern. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 - 2014, sedangkan metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran KAP, profitabilitas, dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap opini audit going concern. Dari hasil analisis secara parsial diketahui bahwa ukuran KAP tidak berpengaruh secara signifikan terhadap opini audit going concern. Dan profitabilitas juga tidak berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern. Sedangkan variabel likuiditas berpengaruh secara signifikan terhadap opini audit going concern. Kata kunci : Going Concern, Ukuran KAP, Profitabilitas, Likuiditas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:48
Last Modified: 28 Aug 2020 04:50
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item