Karakteristik Eksekutif, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Aktivitas Penghindaran Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013- 2015)

Ratnasari, Adelia (2017) Karakteristik Eksekutif, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Aktivitas Penghindaran Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013- 2015). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Adelia Ratnasari, Ak.-IBS, 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Adelia Ratnasari, Ak.-IBS, 2016.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=34...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penghindaran pajak perusahaan. Beberapa faktor yang diuji pada penelitian ini adalah karakteristik eksekutif, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas. Tujuan penelitian ini ingin menguji apakah karakteristik eksekutif, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 sampai 2015. Cash effective tax rate (CETR) digunakan sebagai perhitungan dari penghindaran pajak. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan data yang digunakan adalah data sekunder dari www.idx.co.id. Berdasarkan metode purposive sampling, total data observasi sebanyak 78, yang diambil berdasarkan kriteria tertentu. Penghindaran pajak adalah cara untuk menekan biaya pajak tetapi masih dalam batasan peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian ini menunjukan variabel karakteristik eksekutif dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penghindaran pajak, sedangkan leverage dan profitabilitas berpengaruh signifikan kearah negatif terhadap penghindaran pajak. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk menambahkan beberapa variabel yang tidak digunakan didalam penelitian ini. Kata kunci : Penghindaran pajak, cash effective tax rate, karakteristik eksekutif, ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:46
Last Modified: 28 Aug 2020 05:12
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item