Interkoneksi Identification, Satisfaction, Loyalty, dan Word of Mouth: Tinjauan pada Ranah Komunitas dan Merek

Santoso, Paulus Aditya Budi (2019) Interkoneksi Identification, Satisfaction, Loyalty, dan Word of Mouth: Tinjauan pada Ranah Komunitas dan Merek. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Paulus Aditya Budi Santoso (1).pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Paulus Aditya Budi Santoso.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43...

Abstract

Fenomena bahwa Brand Community membantu perusahaan untuk menarik individual consumer serta memperkuat hubungan dengan consumer tersebut sehingga membangun hubungan jangka panjang.melanjutkan beberapa upaya penelitian sebelumnya melalui pengujian empiris dari model sintesis pemasaran brand community dalam konteks komunitas dan merek. Penelitian ini bertujuan umtuk menguji rangkaian hubungan Consumer-community identification serta Consumer-brand identification dalam membangun positive WOM brand. Penelitian ini menggunakan pendekatan desain penelitian deskriptif dengan data empiris yang dikumpulkan melalui survei online sampel generasi muda di Jabodetabek. Data empiris kemudian diolah menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling untuk menguji sejumlah hipotesis yang diajukan. Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: Consumer-community identification terbukti berpengaruh positif terhadap community loyalty, positive WOM community, dan Customer satisfaction with community. Customer satisfaction with community terbukti berpengaruh positif terhadap positive WOM community dan community loyalty. Consumer-brand identification terbukti berpengaruh positif terhadap Customer satisfaction with brand. Customer satisfaction with brand terbukti berpengaruh positif terhadap positive WOM brand, dan brand loyalty. Community loyalty terbukti berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Positive WOM community terbukti berpengaruh positif terhadap positive WOM brand. Kata Kunci: Brand community, Consumer-community identification, Customer satisfaction with community, community loyalty, positive WOM community, Consumer-brand identification, Customer satisfaction with brand, brand loyalty, positive WOM brand, brand loyalty.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 05 Jun 2020 11:33
Last Modified: 28 Aug 2020 04:26
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item