Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Kontrol pada Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017

Putra, Lorryanto Try (2019) Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Kontrol pada Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Lorryanto Try Putra, Ma.-Ibs, 2018 (1).pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Lorryanto Try Putra, Ma.-Ibs, 2018.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=44...

Abstract

Beberapa tahun terakhir industri otomotif Indonesia mengalami perkembangan. Sejak tahun 2012 penjualan otomotif terus berkembang sampai saat ini. Pada tahun 2013 IHSG sempat mengalami penurunan yang cukup anjlok. Pada periode tersebut perusahaan yang menonjol dalam aneka industri adalah sub sektor otomotif dan komponen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang, profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan good corporate governance sebagai variabel kontrol pada sektor otomotif dan komponen periode 2012 – 2017. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 6 perusahaan dari 13 perusahaan yang terdaftar BEI periode 2012 sampai 2017. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan diproksikan dengan rasio Tobin’s Q. Variabel independen penelitian ini ialah Kebijakan Deviden diukur dengan Dividend Payout Ratio, Kebijakan Hutang diukur dengan Debt to Equity Ratio, Profitabilitas diukur dengan Return on Equity dan terdapat variabel kontrol berupa Good Corporate Governance diukur dengan Kepemilikan Manajerial (Insider Ownership). Hasil penelitian menunjukkan kebijakan hutang berpengaruh negatif signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Selain itu Kebijakan Dividen, Profibitabilitas, Good Corporate Governance secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Good Corporate Governance.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 05 Jun 2020 11:32
Last Modified: 28 Aug 2020 04:46
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item