Need For Fantasy dan Narrative Transportation Pengaruhnya terhadap Purchase Intention (Studi Kasus pada Web Series SORE Tropicana Slim Stevia Melalui Platform YouTube)

Sulestarini, Yusarifah (2019) Need For Fantasy dan Narrative Transportation Pengaruhnya terhadap Purchase Intention (Studi Kasus pada Web Series SORE Tropicana Slim Stevia Melalui Platform YouTube). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
YusarifahS-20152111021-Jurnal.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
YusarifahS-20152111021-Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=44...

Abstract

Pada zaman modern saat ini, para pemasar hendaknya memberikan pemikiran mendalaman akan teknik pemasaran online product placement - branded entertainment. Web series sebagai format iklan online sedang mendapat popularitas di beberapa tahun belakangan diantara produk-produk dan layanan jasa di China dan Thailand. Bahkan, YouTube Taiwan membuat channel web series khusus. Oleh karena itu, efektifitas persuasif dari iklan melalui web series layak untuk diivenstigasi secara empiris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari need for fantasy dan narrative transportation terhadap attitude toward the web series, attitude toward the brand, dan purchase intention, studi kasus pada Web Series Indonesia “SORE: Istri Dari Masa Depan” yang disponsori oleh Tropicana Slim Stevia. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dengan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data. Sample terdiri dari 100 partisipan menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu judgemental sampling. Hasil dari penelitian dianalisis menggunakan SEM-PLS dengan software SmartPLS versi 3.0. Penelitian ini menunjukkan bahwa semupa hipotesis didukung oleh data dan memiliki dampak yang signifikan. Terbukti secara empiris bahwa need for fantasy memiliki pengaruh positif terhadap narrative transportation. Hasil juga menujukan bahwa narrative transportation memiliki pengaruh pada attitude towrad the movie, attitude toward the brand, dan berlanjut kepada purchase intention. Keywords: branded entertainment, product placement, sponsorship, Indonesian web series, youtube, narrative transportation, fantasy, attitude toward advertising, attitude toward the brand, purchase intention

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 05 Jun 2020 11:33
Last Modified: 01 Sep 2020 03:34
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item