Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan melalui Metode Economic Value Added dan implikasinya terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. XYZ)

Diwangkara, Ghazi Madhyastha (2019) Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan melalui Metode Economic Value Added dan implikasinya terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. XYZ). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Ghazi Madhyastha Diwangkara, Ak.-Ibs, 2018.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Ghazi Madhyastha Diwangkara, Ak.-Ibs, 2018-2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=42...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan Value of Company melalui Invested Capital dan kinerja keuangan perusahaan melalui metode Economic Value Added, serta untuk mengetahui bagaimana gambaran perusahaan apabila kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan metode Economic Value Addes. Obejk yang diteliti PT. XYZ merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang minyak dan gas. Penelitian pada PT. XYZ diteliti selama periode 2015-2016. PT. XYZ sebagai perusahaan public service obligation menyediakan bahan bakar minyak kepada publik, namun kegiatan bisnis PT. XYZ dipengaruhi oleh fluktuasi harga minyak mentah dan juga kebijakan pemerintah. Perhitungan kinerja keuangan perusahaan dilakukan dengan menggunakan metode EVA yang mana melibatkan seluruh beban keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Capital Invested yang diinvestasikan perusahaan meningkatkan nilai perusahaan dan pengukuran kinerja dengan metode Economic Value Added secara total menghasilkan laba ekonomis bagi perusahaan yang diindikasikan dengan nilai total EVA positif, dan hasil EVA secara total menghasilkan kenaikan pada nilai perusahaan. Peneliti dalam penelitian ini memberikan informasi bagaimana gambaran pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan metode EVA yang sebelumya belum digunakan PT. XYZ agar menggunakan EVA, dan juga bagi investor dapat melihat bagaimana Capital Invested yang tinggi bergerak sebanding dengan kenaikan pada nilai perusahaan. Kata Kunci: Economic Value Added, Capital Invested, Value of Company.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 05 Jun 2020 11:30
Last Modified: 31 Aug 2020 03:56
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item