Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Alokasi Pembiayaan Perbankan Syariah Untuk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia

Kuswantoro, Mohammad Khairul (2019) Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Alokasi Pembiayaan Perbankan Syariah Untuk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Mohammad Khairul Kuswantoro, MKPS-IBS, 2018_jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Mohammad Khairul Kuswantoro, MKPS-IBS, 2018.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=44...

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi nasional. UMKM memiliki kendala dalam perkembangannya, salah satunya adalah keterbatasan modal. Adanya bank syariah dapat bisa membantu UMKM dalam memberikan modal untuk perkembangan UMKM, Akan tetapi pembiayaan bank syariah untuk sektor UMKM masih lebih rendah dibandingkan pembiayaan sektor non UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor internal dan faktor ekstrnal yang mempengaruhi alokasi pembiayaan Bank Umum Syariah kepada UMKM diIndonesia pada periode januari 2015 sampai desember 2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari laporan Statistik Perbankan Syariah. Variabel Independen penelitian ini menggunakan Non Performing Financing(NPF), dan Financial to Deposit Ratio(FDR) sebagai faktor internal . Untuk variabel Independen dari faktor eksternal menggunakan Inflasi dan Nilai Tukar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pada faktor internal, FDR memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembiayaan syariah Sektor UMKM. sedangkan NPF tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembiayaan syariah sektor UMKM. Pada Faktor Eksternal Inflasi dan Nilai Tukar memberikan pengaruh signifikan terhadap pembiayaan syariah sektor UMKM. Kata Kunci: UMKM, Bank Umum Syariah, Pembiayaan Syariah, NPF, FDR, Inflasi, Nilai Tukar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: KODEPRODI61206#Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 04 Jun 2020 08:36
Last Modified: 31 Aug 2020 03:47
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item