Faktor Pembentuk Attitude Toward Green Product dan Implikasinya Pada Intensi Konsumen: Ekspansi Model dan Pengujian Pada Produk Menstrual Cup

Rofianto, Whony and Pratami, Annisa Sekar and Sabrina, Manda (2021) Faktor Pembentuk Attitude Toward Green Product dan Implikasinya Pada Intensi Konsumen: Ekspansi Model dan Pengujian Pada Produk Menstrual Cup. In: Seminar Nasional KPIBIB 2021, 9 June 2021, Depok, West Java, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Rofianto, Pratami, Sabrina 2021 KPIBIB2021.pdf

Download (294kB) | Preview
Official URL: https://kpibib.or.id/web/

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh perceived value, perceived health benefit, health consciousness, environmental attitude, value orientation serta eWOM terhadap attitude toward green product. Selain itu, diuji pula dampak lanjutan attitude toward green product terhadap willingness to pay dan intention to recommend, serta dampak willingness to pay terhadap purchase intention.Penelitian ini merupakan ekspansi atas model attitude toward green product yang pernah diuji pada penelitian terdahulu dengan penambahan empat konstruk eksogen. Penelitian ini juga berupaya untuk menambah aspek generalisasi atas model attitude toward green product yang sebelumnya diuji pada konteks makanan organik, dengan menguji kembali ekspansi atas model tersebut pada konteks produk hijau menstrual cup yang masih jarang diteliti dalam literatur pemasaran. Sebanyak 99 data sampel responden wanita yang mengetahui produk menstrual cup, sebagai produk pengganti pembalut wanita yang ramah lingkungan berhasil dihimpun sebagai fakta empiris melalui survei dengan kuesioner daring. Estimasi model pengukuran dan estimasi model struktural untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan pendekatan PLS-SEM. Hasil analisis model struktural mengindikasikan adanya pengaruh positif perceived value serta electronic word of mouth terhadap attitude toward green product. Selanjutnya attitude toward green product juga terbukti berpengaruh positif terhadap willingness to pay dan intention to recommend. Lebih jauh lagi willingness to pay juga terbukti berpengaruh positif terhadap purchase intention. Sementara itu pengaruh positif empat variabel eksogen yang lain yaitu health consciousness, environmental attitude, value orientation dan perceived health benefit terhadap attitude toward green product tidak terbukti pada penelitian ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Dr. Whony Rofianto
Date Deposited: 03 Sep 2021 23:00
Last Modified: 03 Sep 2021 23:00
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item View Item