Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi, Dan Pengetahuan Tentang Bank Syariah Terhadap Intensi Menggunakan Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Muslim Bank Syariah DKI Jakarta)

Tyanto, Rifky (2019) Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi, Dan Pengetahuan Tentang Bank Syariah Terhadap Intensi Menggunakan Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Muslim Bank Syariah DKI Jakarta). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Rifky Tyanto, MKPS-IBS, 2018_jurnal.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Rifky Tyanto, MKPS-IBS, 2018.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=44...

Abstract

Seorang muslim sejatinya harus patuh dan taat terhadap hukum yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits, termasuk didalamnya hukum bermuamalah harta atau dengan kata lain menggunakan jasa layanan keuangan. Fatwa MUI No 1 Tahun 2004 sudah menjelaskan bahwa bunga bank yang ada sekarang ini dalam lembaga jasa keuangan hukumnya haram karena sama dengan riba nasi’ah dan bermuamalah dengan lembaga keuangan konvensional tidak diperbolehkan jika terdapat lembaga keuangan syariah yang dapat dengan mudah dijangkau. Intensi menggunakan bank syariah erat kaitannya dengan religiusitas dan pengetahuan tentang bank syariah, serta kelompok referensi karena bank syariah belum banyak melakukan iklan di berbagai macam media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda, Uji t dan Uji F dengan level signifikansi 5% serta diolah dengan menggunakan SPSS 21. Hasilnya penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Religiusitas, Kelompok Referensi, dan Pengetahuan Tentang Bank Syariah memiliki pengaruh positif terhadap Intensi Menggunakan Bank Syariah. Secara simultan Religiusitas, Kelompok Referensi, dan Pengetahuan Tentang Bank Syariah memiliki pengaruh positif terhadap Intensi Menggunakan Bank Syariah secara bersama sama. Kata Kunci: Religiusitas, Kelompok Referensi, Pengetahuan Tentang Bank Syariah, Intensi Menggunakan Bank Syariah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: KODEPRODI61206#Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jun 2020 08:58
Last Modified: 27 Aug 2020 04:36
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item