Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Efisiensi, dan Rasio Kualitas Asset terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2013-2017)

Novani, Nida (2019) Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Efisiensi, dan Rasio Kualitas Asset terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2013-2017). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Nida Novani, Ak.-Ibs, 2018 (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Nida Novani, Ak.-Ibs, 2018.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, rasio efisiensi, dan rasio kualitas asset terhadap profitabilitas tahun 2013-2017. Populasi dari penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang tercatat di OJK. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel yang ada dalam penelitian ini berjumlah 11 Bank Umum Syariah. Variabel bebas adalah Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Kualitas Aktiva Produktif (KAP). Variabel terikat adalah Return On Asset (ROA) sebagai proksi dari profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapatkan dari laporan keuangan yang terdapat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan masing-masing bank yang terkait. Metode pengolahan data yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda dengan software eviews 10. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa FDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, BOPO dan KAP berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Kata Kunci: Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Kualitas Aktiva Produktif (KAP), Return On Asset (ROA).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jun 2020 03:53
Last Modified: 31 Aug 2020 03:47
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item