Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Sebelum Dan Setelah Menerapkan Mobile Banking (Studi Kasus Pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.)

Auvarda, Charissa (2019) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Sebelum Dan Setelah Menerapkan Mobile Banking (Studi Kasus Pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Charissa Auvada - 20141112048 - skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Charissa Auvarda - 20141112048 - Jurnal.pdf

Download (741kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Mobile Banking terhadap kinerja keuangan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Penelitian dilakukan dengan menggunakan periode penelitian 5 tahun sebelum (2006-2010) dan 5 tahun setelah penerapan (2013-2017). Analisis terhadap kinerja keuangan ini ditinjau dari beberapa aspek yang terpengaruh dengan diterapkannya Mobile Banking, yang meliputi: penambahan perolehan sumber dana (Dana Pihak Ketiga), pengurangan biaya operasional, penurunan risiko kredit, dan peningkatkan profitabilitas. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa seluruh variabel dapat diuji dengan metode Paired Sampel T-test, yaitu rasio Dana Pihak Ketiga (DPK), rasio laborcost, rasio efisiensi operasional, rasio Non Performing Loan (NPL), rasio Fee Based Income (FBI) dan rasio Return On Asset (ROA). Rasio DPK dan rasio laborcost memiliki hasil yang berbeda antara sebelum dan setelah adanya Mobile Banking. Namun demikian pada rasio FBI menunjukkan perbedaan dengan adanya peningkatan perolehan Fee Based Income setelah penerapan Mobile Banking. Sedangkan Rasio ROA menunjukkan adanya peningkatan setelah diterapkannya Mobile Banking tetapi tidak menunjukkan perbedaan kinerja yang signifikan karena perubahannya kecil. Pada rasio efisiensi operasional dan rasio NPL menunjukan nilai yang lebih rendah setelah diterapkannya Mobile Banking tetapi karena perubahan nilai yang kecil maka tidak menimbulkan dampak yang signifikan. Kata kunci: tujuan mobile banking, kinerja keuangan, DPK, laborcost, efisiensi operasional, NPL, FBI, dan ROA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jun 2020 03:48
Last Modified: 27 Aug 2020 03:50
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item