Faktor Pendorong Attitude, Serta Implikasinya Terhadap Share Dan Reuse Intention: Studi Pada Online Video Advertising GO-JEK

Wijayanto, Donny (2019) Faktor Pendorong Attitude, Serta Implikasinya Terhadap Share Dan Reuse Intention: Studi Pada Online Video Advertising GO-JEK. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img] Text (Naskah Lengkap)
Donny Wijayanto-20131111013-Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Naskah Ringkas)
Donny Wijayanto-20131111013-Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43...

Abstract

Online video advertising (OVA) merupakan suatu iklan dalam bentuk video yang ini dapat dijumpai pada video-sharing platform seperti YouTube. Dewasa ini, OVA semakin banyak digunakan oleh pemasar sebagai salah satu alternatif wahana pemasaran utama karena dipandang relatif lebih efisien dibandingkan dengan media broadcast tradisional, serta berpotensi untuk menciptakan efek viral sebagai dampak tambahan. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui peran dari elemen entertainment, informativeness, irritation, credibility, dan intrusiveness pada pembentukan sikap pemirsa terhadap OVA, serta implikasi pemasarannya. Implikasi pemasaran yang diangkat adalah niat penggunaan kembali atas merek sponsor OVA serta serta niat untuk menyebarkan kembali OVA kepada orang lain. Penelitian ini dilakukan dengan desain deskriptif eksplanatori, berupa pembuktian empiris terhadap sejumlah hipotesis menggunakan data survei yang dihimpun dari 155 orang sampel generasi millennial. Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengujuan empiris pada penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh aspek entertainment, informativeness, dan credibility terhadap sikap pemirsa atas OVA. Di sisi lain, sikap pemirsa atas OVA berimplikasi pada niat penggunaan kembali atas merek dan niat untuk menyebarluaskan OVA. Sementara itu, dugaan akan peran negatif irritation dan intrusiveness terhadap sikap pemirsa atas OVA tidak terbukti pada penelitian ini. Keywords: Online Video Advertising, Customer Attitudes, Reuse Intention, Sharing Intention, Entertainment.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jun 2020 03:38
Last Modified: 22 Jul 2024 03:55
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item