Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2014 Di STIE Indonesia Banking School)

Wulandari, Adelya Putri (2019) Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2014 Di STIE Indonesia Banking School). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Adelya Putri Wulandari, Ak.-IBS, 2018.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Adelya Putri Wulandari, Ak.-IBS, 2018 (1).pdf

Download (651kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan minat belajar dapat mempengaruhi pemahaman akuntansi. Obyek penelitian ini dilakukan di STIE Indonesia Banking School. Populasi dan sampel ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi angkatan tahun 2014 yang masih aktif di STIE Indonesia Banking School. Teknik penentuan sampel ini menggunakan purposive sampling. Menurut data akademik terdapat 90 mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2014. Data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner dan menggunakan skala likert. Pengukuran variabel independen kecerdasan intelektual dilakukan dengan kemampuan memecahkan masalah, intelegensi verbal dan intelegensi praktis. Kecerdasan emosional dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Kecerdasan spiritual dengan bersikap fleksibel, kesadaran diri yang tinggi, kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan, kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit, keengganan untuk menyebabkan kerugian, kualitas hidup, kecenderungan untuk melihat keterkaitan antara berbagai hal, kecenderungan bertanya dan bidang mandiri. Minat belajar dengan ketertarikan akan mengikuti pembelajaran, perhatian dalam belajar, keaktifan mahasiswa dalam belajar akuntansi dan pengetahuan yang luas akan ilmu akuntansi. Pengukuran pemahaman akuntansi melalui indikator Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pembelajaran mata kuliah akuntansi yang didapat dari akademik STIE Indonesia Banking School. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kecerdasan intelektual dan minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Minat Belajar dan Pemahaman Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jun 2020 03:37
Last Modified: 26 Aug 2020 09:41
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item