Analisis Pengaruh Makroekonomi Terhadap Pertumbuhan Penyaluran Kredit Perbankan Di Indonesia Periode Tahun 2013-2017 (Studi Kasus Pada Bank-Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Abdi, Wahyu (2019) Analisis Pengaruh Makroekonomi Terhadap Pertumbuhan Penyaluran Kredit Perbankan Di Indonesia Periode Tahun 2013-2017 (Studi Kasus Pada Bank-Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Wahyu Abdi, Ma.-Ibs, 2018.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Wahyu Abdi, Ma.-Ibs, 2018-2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=44...

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutuk menganalisis Pengaruh Makroekonomi Terhadap Pertumbuhan Penyaluran Kredit Perbankan di Indonesia Periode Tahun 2013 – 2017 (Studi kasus pada Bank-Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk mengumpulkan data dan menghasilkan 33 bank yang sesuai dengan kriteria. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan tahunan yang dipublikasikan oleh instansi pemerintah. Instansi pemerintah tersebut adalah Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Badan Pusat Statistik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini diolah menggunakan program Eviews 10, dan model yang paling tepat digunakan dalam penelitian ini adalah random effect. Hasil dari penelitian ini untuk dalam analisis uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel pertumbuhan Produk Domestik Bruto, inflasi dan suku bunga BI rate tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan penyalurann kredit. Sedangkan nilai tukar (kurs) memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan penyaluran kredit Bank Umum Konvensional periode 2013-2017. Kata Kunci: Produk Domestik Bruto, Inflasi, BI Rate, Nilai Tukar (Kurs), Pertumbuhan Kredit.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jun 2020 03:36
Last Modified: 27 Aug 2020 03:49
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item