Perbedaan Kinerja Keuangan Pada Perbankan Yang Ada Di Indonesia Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akusisi Periode 2005-2014

Rianti, Mayang (2019) Perbedaan Kinerja Keuangan Pada Perbankan Yang Ada Di Indonesia Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akusisi Periode 2005-2014. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Mayang Rianti, Ak.-Ibs, 2018-2ok.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Mayang Rianti, Ak.-Ibs, 2018.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43...

Abstract

Merger dan Akuisisi berkembang sebagai strategi untuk ekspansi usaha dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan memperbaiki kinerja keuangan perusahaan. Dalam dunia perbankan, merger dan akuisisi juga digunakan sebagai strategi untuk menyelamatkan bank yang tidak sehat. Namun, beberapa merger dan akuisisi tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan. Hal inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan perbankan sebelum dan setelah merger dan akuisisi yang diukur dengan rasio, Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Interest Margin (NIM), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Perfoming Loan (NPL) , Beban Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO). Penelitian ini menggunakan seluruh perusahaan perbankan yang melakukan merger dan akuisisi pada tahun 2005-2014. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan data sampel dengan berdasarkan pada kriteria-kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif, uji normalitas data dengan Kolmogorov-Smirnov, uji hipotesis dengan menggunakan uji beda wilcoxon's signed ranks test dan paired sample t-test Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel ROA, ROE, NIM, CAR, NPL, BOPO. Hanya variable LDR yang yang tidak menunjukan adanya perbedaan. Kata Kunci: Merger dan Akuisisi, wilcoxon's signed ranks test, ROA, ROE, NIM, CAR, LDR, NPL, BOPO.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 02 Jun 2020 03:33
Last Modified: 25 Aug 2020 04:47
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item